Rabu, 10 Juni 2009

Season 2...

so then, my second year in smanitra. gw memilih untuk masuk IPS. demi mengejar cita-cita jadi diplomat dan anggota DPR. tempat gw belajar 2 taun. berisikan anak-anak yang akan gw gauli (jangan salah pengertian ya) selama 2 tahun. berisikan pelajaran yang akan jadi fondasi gw nanti di kuliah.

the first memorable event buat gw di taun pelajaran ini adalah menjuarai event English Debate Competition di Untirta. why so important? karena di sini lah pertama kalinya gw bisa menang juara 1 dalam satu lomba tanpa ada bantuan dari senior. di sini pula akhirnya fixed teamnya smanitra kebentuk. gw-ghea-yoyo (i would really want to post a special post for you guys, just wait). walaupun kadang ganti posisi, ato kadang juga ganti teammate, theyre my best partner ever. another point, gw jadi best speaker di sini, hehe

setelah itu, event lainnya yang cukup berkesan buat gw adalah idul adha. yah, gmana ga berkesan, project officernya gw. haha. tadinya gw ga yakin bakalan mau ngambil tanggung jawab buat ngurusin idul adha. gile. ga berani gw. idul adha pasti involving banyak duit di dalemnya. dan duit itu pula yang nanti harus coba gw atur. gmana caranya supaya bisa dapet duit, gmana caranya buat make tuh duit, dan gmana caranya supaya tuh duit nantinya bisa gw pertanggung jawabin nanti. yah, akhirnya gw terima sih jadi ketua, dengan sedikit dorongan dari nisa, yang meyakinkan gw bahwa usaha gw di jalan Allah, jadi bala bantuan dari Allah dan malaikatnya ada di belakang gw. jujur ya. itu bener banget. lw bayangin. dari tadinya ga ada kambing, cuma dapet 1 sapi, bisa dapet 4 kambing akhirnya, hasil sumbangan dari akbar ama bu suarni. susahnya nagih-nagihin duit karena waktunya yang amat mepet ama liburan. walhasil gw inget banget, pas lagi bagi rapot, gw harus menugaskan temen-temen gw untuk jaga di kelas XII waktu itu, buat nagihin duit ke kakak kelas XII, ato bahkan ke orang tuanya, karena lewat dari bagi rapot ga bakalan ada kesempetan lagi. ya gitu, kudu minta ijin ke wali kelas buat ngeganggu acaranya bentar. ribet lah. tapi, satu hal yang ga bisa gw lupain, pas gw lagi puyengnya gara gara duitnya massih kurang banyak, tiba tiba nisa manggil gw, karena tinggal gw yang blom ngambil rapot, jadi disuruh ngambil sekarang, and guess what, ternyata gw rangking satu!!!! gw langsung bengong, gw pikir lagi dikerjain, tapi perasaan april mop belom lewat. ultah gw juga masih lama. ternyata beneran. agak ga nyangka, but see, miracles do exist, right? dan akhirnya idul adhanya pun sukses. yang dari ngejagain sapi malah dijagain sapi ( yang tugas jaga di dalem, maen ps, sapinya malah di luar ga ada yang jagain, haha), sampe ngebagiin daging yang sambil ujan-ujanan. huge thanks buat nisa, dorongannya amat sering membantu. ka papat buat bantuannya. fian yang jadi sekretaris gw. sama semua anak rohis yang udah ngebantuin. gw pernah punya dokumentasinya, tapi gw taro d mana ya, huhu.

the third adalah ALSA. yes. the biggest english debate event dalam strata high school. di event ini lah 'penutupan' karir gw dalam dunia debate. oke lah ya, pas kelas 3 gw masih sempet turun, tapi di ALSA lah lomba terakhir gw yang sebenernya, lomba yang gw search matter. lomba yang gw deg-degan ampe mau jantungan. gw masih inget banget detail usaha gw di lomba ini. dari berangkat tangerang-depok bawa gembolan, nyampe sana yang ternyata banjir. seru pisan. ketemu sepupunya monik yang lucu-lucu. search matter di warnet dan ngeprint ampe 20 lembar, padahal gada yang dibaca. haha. gua inget banget gmana capeknya harus case build bareng ka edwin ampe jam 1 kalo ga salah. yang yoyo ampe tertidur-tidur, padahal biasanya dia yang paling smangat. gw inget gmana c ghea bawa minyak ajaib yang kalo digosokin ke badan panasnya maknyos, dan minyak itu banyak menempel d mana-mana, bahkan sampe di atas bibir ghea pun pernnah. haha. gw inget betapa excitednya team gw pas tau lolos ke semi. kita langsung balik dan search matter lagi. walaupun pada akhirnya cukup mengecewakan, karena kita kalah di final, tapi gw yakin kita udah mengeluarkan usaha paling maksimal yang kita punya. jadi inget yoyo yang nangis pas lagi announcement. ghea dan monik yang nangis bareng dalam kamar. dan gw yang katanya ngigo. haha. parah lah ya. DE LA COSTA, POR SIEMPRE!!!!!!


















the last event, dan yang buat gw palin berkesan adalah ini nih, adalah event ke kampung naga. ini adalah proyek terakhir dari kelas XI IPS waktu itu. Ide yang digagas sama kepala sekolah yang waktu itu ngerangkap jadi guru geografi kita juga, Pak Pras. beliau pengen bikin acara studytour ke daerah kampung naga. itu loh, daerah yang terkenal masih megang adatnya juga, kaya di badui gitu. dan beliau, atas satu pertimbangan dan lainnya, pengennya yang ngurus siswanya, jadi bukan sekolah lagi yang ngatur-ngatur. dan karena itu lah ditunjuk satu orang yang jadi project officernya. guess who?? yah, dengan indahnya (ato oncomnya), gw yang ditunjuk. ga tau dapet wangsit dari siapa, tau-tau si pak Pras nunjuk gw. kacau lagi dah. sibuk lagi. dan ternyata, ngurus yang kaya ginian ternyata emang susah banget. capek. puyeng. di satu sisi, gw harus nyediain apa yang anak-anak butuhkan, kaya akomodasi yang cukup, tapi di lain sisi gw juga harus bikin supaya biaya per individunya ga terlalu gede, biar semua bisa ikut. blom lagi, pak pras nyang kadang agak ngebingungin itinerary acaranya. sampe ke masalah yang agak sensitif, yang menyangkut insentif ke guru pendamping. gw inget banget gmana anak IPS sampe pada ngedatengin kantor pak pras buat ngomongin masalah insentif itu. apakah artinya anak IPS pada pelit? no, they're not, absolutely, instead, they're showing their leadership. mereka mempertanyakan hal-hal yang menurut mereka ga adil, dan menyampaikannya secara tenang dan tepat kepada yang berwenang, that's the mentality of a leader.

akhirnya kita jalan, dari malemnya kita dari tangerang, naek bus dengan ceria berbaju tidur semua, tidur dalam tenang sampe akhirnya noni mabok di samping gw gara gara ga kuat di kelokan cilukba yang ada di deket tasik. untungnya cepet udahan maboknya. pas paginya, dengan seger nyampe ke pantai pangandaran. setelah mandi dan sarapan, kita pergi ke cagar alam apa gitu namanya. pergi ke dalem gua jepang. ketemu monyet-monyet yang lucu tapi maruk. ke gua pocong yang ada batu mirip pocongnya. ngeliat landak. abis itu pada nyari cenderamata. me myself ngebeli sebuah gelang, yang terus gw pake sampe rusak parah baru gw lepas, haha.

Then, perjalanan berlanjut ke tujuan utama, kampung naga, kita nyampe udah hampir sore, ada yang mandi, ada yang nyari oleh-oleh lagi, di sini gw beli blangkon ama suling bambu gitu. malemnya kita makan dulu, makan ikan yang kayanya dari ikan kampung naganya asli, abis itu datanglah inti dari kata study dalam acara ini. kita nyatet dan nanya beberapa hal ke sesepuh kampung naga. abis itu pada tidur deh, masi ada yang ngobrol-ngobrol juga. di pondok cowo c pengennya tidur, tapi karena ada pameran senjata nuklir dari reaktor perut. pembedaan antara kualitas dan kuantitas dapat terlihat dalam bentuk kentut. yah, jadi, ceritanya, c jona kayanya perutnya bergejolak, jadi kentut-kentut gitu dalam kuantitas yang banyak, tapi kaga ada baunya. eh, tanpa ada pemberitahuan sebelumnya, sebuah silent bomb meledak. ga kedengeran, tau2 ada bau busuk ga nahan. setelah ditelusuri, ternyata pencipta bom penuh kualitas tersebut adalah iping. ckck. kacau lah pondok cowo mah.

another memorable moment buat gw waktu itu adalah pas solat subuh. gw inget banget, gw solat subuh kayanya cuma ada nisa selaen gw. sepi banget. kayanya syahdu gitu. gw solat rasanya khusyuk banget. efek dari sepi. efek dari gelap. pas gw sujud rasanya pengen terus. sungguh amat sangat spiritual, trust me..

paginya pada siap-siap. jalan-jalan bentar ngeliatin ibu-ibu numbuk padi, abis itu pamitan ke warga, cabut deh ke situ cangkuang. ini situ adanya ada di tengah danau gitu, jadi kudu naik rakit gitu biar bisa nyampe ke situnya. yah, jadi kaya semacam danau toba dalam skala kecil lah. di pulaunya itu ada candi gitu, candi hindu, di dalemnya ada patung dewa siwa kalo ga salah. selaen itu ada perkampungan adat juga. di situ kayanya aturannya beneran ketat, bahkan jumlah kepala keluarga di kampung itu aja udah ditentuin. banyak sih aturannya, jadi gw lupa, haha.






















udah puas dari situ, kita akhirnya pulang, karena kayanya anak-anak juga udah pada capek banget. sempet berhenti bentar buat makan popmie sumbangan si akbar bareng-bareng, abis itu perjalanan dilanjutkan. another memorable thing happened again in that moment, but i guess i'll tell you later, haha xp. sampe di tangerang. gw memastikan anak-anak pada pulang dengan selamat ato setidaknya ada yang jemput, say thanks ke para guru, abis itu balik deh.


oya, biarpun gw ditunjuk jadi project officer, tapi sebenarnya gw bener-bener banyak dibantu ama 3 orang ini, ct-butik-akbar. mereka ini lah yang sebenernya banyak ngebantu dalam pelaksanaan proyek ini. ct yang banyak ngatur soal duit sama penggunaannya. akbar-butik-gw yang banyak membuat critical decisions. ya bisa dibilang, gw ini penyambung lidah rakyat, haha. apa yang anak IPS mau, gw sampein ke pak pras, abis itu gw rapatin ama itu anak ber3, overall, we're such a good team.

gw-akbar-ct-butiq
oh, how i'll miss these moments..

cangkuang in memory, haha, bahasa gw jadul banget

yah, cukup untuk nostalgianya, what a memorable year for me...

PS: some of the photos were taken by ditra, and also taken from ditra's album. blom lw hak cipta kan ya dit? gw pake ya, hehe, now i know the importance of dokumentasi, huhu

8 ngomong..:

Anonim mengatakan...

oi! aib! aib gue tuh dibongkar pula! wakaka

belajar-menulis indah mengatakan...

haha, yang lebih terhina tuh si iping tau, tenang aja, hehe

PEDULI TKW INDONESIA mengatakan...

waaaaaa ayuk kita ke kp. naga lagi aja perpisahan ips nya. haha..

belajar-menulis indah mengatakan...

udah ditutup tha, akibat konversi minyak ke gas yang dibanggakan JK di iklannya itu,,

Anonim mengatakan...

Huaaaaaa kangen memori alsa banget banget!
Si minyak ajaib yg bikin kita melek!haha

belajar-menulis indah mengatakan...

yap, gw juga ghe, minyak ajaib yang mampu membuat kita tahan kesbilt ampe tengah malem, haha, eh, lw masi ada video yang lw pada niruin anak ic ga?

Anonim mengatakan...

Ahh..iya tu!ga ada di hape.gw cuma ada,video yg kompek yg yoyo monik pas saman.ama video ank2 yg abs kalah di ic.

belajar-menulis indah mengatakan...

haduh, hape gw make acara ilang c lah, masi ada yang nyimpen kaga ya? kocak tuh pasti kalo diliat lagi..


Free Blogger Templates by Isnaini Dot Com and Bridal Gowns. Powered by Blogger