Senin, 18 Mei 2009

Smiling Indonesian

Baru kemaren, gw liat di news ticker suatu televisi swasta, gw ngeliat berita yang buat gw cukup mengejutkan. Menurut The Smiling Survey, Indonesia adalah negara yang paling murah senyum tahun 2009. Emang agak aneh kan, kalo diliat dari fakta yang ada di negara kita, para rakyat masih bisa banyak tersenyum. Kalo kita ngeliat realita yang ada di sekitaran kita aja sekarang, barang-barang makin mahal, biaya pendidikan disamarkan jadi gratis padahal yang kualitas nomor 1 jadi sama sekali unaffordable, dll, dst, dsb, etc. Para elit politik pun mengkonfirmasi hal tersebut, dan menjanjikan perbaikan situasi jika mereka diberi kesempatan memegang tampuk kepemimpinan nanti.


Trus, kenapa kita masi bisa terus senyum? Bukan AS dengan perputaran uang yang mengalir begitu cepatnya sampe semua perut di sana bisa merasakan nikmatnya, bukan juga Jepang yang dengan teknologinya seharusnya mampu memuaskan hasrat mereka, dengan ke-sophisticated-an teknologinya, yang mampu membuka detail-detail di dunia, bahkan sampai titik-titik terkecil. Tapi, Indonesia, yang masalahnya selalu ada dari level grass root yang kadang berebut kambing, sampe level elit politik yang belakangan ini terus-terusan saling mengejek.


Apakah kita tidak butuh teknologi? Rasanya ngga, faktanya bahkan anak-anak kota yang gaul pun kadang jadi norak dan sangat adaptif mengikuti tren dalam dunia global yang ditransmisikan ke kita-kita ini lewat teknologi. Ya gampangnya, betapa para anak muda jaman sekarang amat tertarik dengan social networking kaya facebook, hampir semua punya, bahkan orang tua pun ikutan tren itu. Ga butuh duit? munafik banget, jaman sekarang apa yang ga butuh duit, jadi inget gw dulu pernah ditantang nyebutin 5 hal yang gratis di dunia ini ama temen gw, kayanya susah banget waktu itu ngejawabnya, bukti nyata bahwa semua butuh duit.

Lalu kenapa dengan kekurangan itu kita masih dapat penghargaan the smiling country? Mm, kalo ada yang jawab orang-orang kita udah pada gila saking susahnya hidup, kayanya bukan deh. Kan penghargaannya smiling, bukan laughing, kalo gila mah ketawa-ketawa sendiri dong. Kalo menurut gw sih, kita masih bisa tersenyum simply karena senyum adalah budaya kita, kultur kita. Dari kecil, kayanya kita udah ditekenin untuk senyum, kepada yang lebih tua sebagai tanda penghormatan, kepada yang lebih muda sebagai tanda kasih sayang. kultur kan tumbuh dan dilanjutkan dari generasi sebelumnya kan, rasanya kultur untuk tersenyum juga lahir dari para tetua kita juga. Liat aja dari cerita ato budaya betawi, unsur lenongnya kuat banget di dalam budaya mereka. rasanya, hidup para tetua jaman dulu kalo ga dipake buat berjuang, ya ngelawak. Wajar lah ampe sekarang acara lawak ga pernah abis ditinggal penggemar.

Argumen lain, mungkin dapat dikaitkan dengan betapa ikhlasnya orang-orang di negeri ini. bahasa mirisnya sih, udah pada pasrah sama keadaan hidup, jadi kalo udah idup susah, daripada cemberut dan membiarkan orang laen nyadar akan hidup lw yang susah, mendingan ditutup ama senyum. Kenapa gw bilang pasrah, ya kalo ngeliat antusiasme bangsa kita dalam memperbaiki keadaan mereka sendiri, contoh paling gampangnya ikutan milih pas pemilu. ya artinya biarpun mungkin mereka ga akan nolak kalo ditawarin idup nikmat bergelimpangan harta, kadang gw ngeliatnya banyak juga pengemis ato pengamen yang masih bisa senyum sabar dan menjelaskan kepada anaknya ketika anaknya terus teriak lapar.

Sebenernya sih, gw lebih pengen nyebut senyum sebagai kultur kita, tapi kayanya kalo emang dibilang ikhlas ( ato pasrah), gapapa juga sih. toh, harta emang harusnya ga jadi faktor utama, biarpun emang salah satu faktor penyangga. Anyway, this is what our elder did, This is what we should pass to our kid, and most importantly, this is what we should do now, SMILE, INDONESIA!!!

0 ngomong..:


Free Blogger Templates by Isnaini Dot Com and Bridal Gowns. Powered by Blogger