Rabu, 27 Mei 2009

Ada Apa dengan SBY-Indomie?

Rr, i dunno if any of you guys might notice this, tapi setelah gw liat dengan seksama, ternyata SBY menggunakan jingle yang sama ama yang dipake ama Indomie. bahkan liriknya juga mirip-mirip kalo menurut gw. gw lupa sih lengkapnya gimana, tapi kalo ga salah, both of the ad use "dari sabang sampai merauke" in the beginning. Bahkan, kayanya dua-duanya make artis dari manajemen yang sama. haha, yang itu sih sotoy, kenapa gw bisa bilang kaya gitu, soalnya lagi-lagi dua-duanya make artis jebolan indonesian idol. yang indomie make judika, yang SBY make mike. dari angkatan yang sama pula. ga penting sih, tapi intinya, buat gw banyak banget sih samanya.

Problemnya di sini nih, pasti banyak yang nanya, then so what? emangnya knapa? emangnya penting ya sampe harus gw postingin? mm, okay, in this case, i think i will use my sceptic point of view. jalan pikiran yang penuh akan konspirasi. jalan pikiran yang selalu bertanya 'why', hasil didikan debate. jalan pikiran yang berpikir jeleknya dunia politik, hasil dari baca komik kunimitsu.

dan hasilnya adalah gw berakhir pada dua kesimpulan. 1, kongkalikong udah terjadi antara SBY ama Indomie (ato Indofood, gatau deh) ato ke 2, SBY keabisan ide jadi dia plagiat. but i will start from the 2nd one, yang plagiat. oke lah ya, semua udah tau cara SBY buat kampanye. semua juga masih inget, pas taun 2004, bagaimana beliau menghidupkan lagi lagu 'ada pelangi di matamu' karya jamrud, saking seringnya SBY nyanyiin tuh lagu. and we have to admit, it worked. beliau kepilih, biarpun bukan karena nyanyi doang. nah, dari gaya-gayanya, kayanya dia mau make cara yang sama buat pemilu besok. secara yang namanya trademark kali ya, mungkin dia ga bisa nyaingin mega yang bisa berapi-api pas pidato, jadi daripada maksa, ya mending dia make cara dia sendiri kan. ga ada salahnya juga sih menurut gw. nah, yang jadi masalah adalah kalo kejadiannya kaya yang gw bilang, si SBY make jingle yang mirip ama indomie. ya mungkin aja kan, si SBY mati ide, dia ga tau mau nyanyi apa lagi, kalo dia bawain ada pelangi lagi, ntar pada bosen. ato mungkin aja si SBY udah ga pede ama suaranya lagi, jadi dia make mike. but whatever it is, kayanya ga pantes gitu orang nomor 1, yang harusnya jadi panutan make cara kaya plagiat gitu. ya jangan salahin D'Masiv kalo mereka plagiat, jangan-jangan mereka bisa ngeramal kalo SBY bakalan plagiat juga (tapi ga juga sih, haha)

Dan pada akhirnya, bisa aja SBY dituntut ama Indofood, gara-gara make jingle produk mereka. ya kasarnya, mendompleng popularitas lah, biarpun kayanya SBY ama Indomie ga kalah tenarnya. nah, masuk ni ke prasangka yang kedua, sampe sekarang tuntutan itu ga dateng-dateng juga ke SBY. again, question 'why' appear. dan inilah hasil didikan Kunimitsu. bisa aja si SBY udah kongkalikong ama petinggi Indofood. then another 'why' appear. buat apa juga mereka kongkalikong. beuh, ini menguntungkan kali buat kedua pihak kalo beneran kongkalikong. Ni ya, hasil analisa gw, bisa aja mechanism kongkalikongnya kaya gini. Jadi SBY deal sama Indofood buat make jingle Indomie, yang emang udah terkenal. otomatis, ketenaran si SBY ini makin melambung lagi dong. udah tadinya beken, make iklan yang udah tenar pula, wis komplit tenan. ato bisa aja, iklan SBY yang ini didanai ama Indofood, jangan salah, bikin iklan mahal gan, bayar artisnya, bayar sutradara, bayar biaya ke tipinya, ya jadi kaya mendanai gitu deh. dan pastinya ga gratis lah. mana mau indofood rugi. jadi intinya, istilahnya itu investasi politik. namanya investasi, ada resikonya. kalo investasi ke saham perusahaan, kalo perusahaan rugi dia ikut rugi. kalo perusahaannya bangkrut, ya otomatis dia ikutan bangkrut juga. Nah kalo investasi politik, resikonya adalah kalo si presiden ga kepilih, kayanya uang kampanyenya ga akan dibalikin deh. nah, kalo bagian si investor perusahaan lagi hoki perusahaannya bonavit, otomatis dia dapet deviden gede dong. nilai jual sahamnya jadi tinggi. nah kalo investor politik yang hoki, devidennya ini dalam bentuk kebijakan-kebijakan yang memihak si investor. biarpun mungkin ga akan terang-terangan banget mihak, tapi akhirnya memberikan jalan yang lebih mulus buat si investor. Nah inilah yang ditakutkan sama gw, dan mungkin sama orang-orang lain, misalnya lawannnya indofood. setau gw, kayanya boleh-boleh aja kalo seorang individu ngasi duit ke idolanya, ya namany juga simpatisan. tapi kayanya ga bakalan boleh deh kalo bentuknya kaya investasi politik gitu. kasian dong ama lawannya si indomie. mereka ga salah apa-apa, tapi jalan mereka lebih terjal buat dapetin customer. mana bisa terjadi persaingan sehat kalo akhirnya ada handicap, masa iya mi sedap harus lawan kombinasi indomie-SBY, kan ga fair.

So basically, this is what happened if you kept reading Kunimitsu. sebenernya sih isinya bukan politikus busuk semua, ada juga kok pembelajaran politiknya, tapi ya, manfaatnya ya ini, lw bisa tau gimana dunia politik. karena biarpun komik, kayanya komiknya ga fiksi-fiksi amat, toh banyak koruptor di dunia kunimitsu yang ada di dunia kita juga. bukan maksud gw untuk ngajarin berpikiran buruk, tapi kita emang kudu waspada ama realita yang kaya gini juga. you surely don't wanna give your vote to the wrong man, rite

PS: gw bukannya pendukung mega, ato JK, ato SBY, gw masi belom nentuin bakal milih siapa nanti, oya maap ga bisa nampilin video perbandingannya, mbah google blom bisa provide, ntar kalo ada pasti gw update

0 ngomong..:


Free Blogger Templates by Isnaini Dot Com and Bridal Gowns. Powered by Blogger